feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Adu Honda New MegaPro 2011 vs Yamaha V-IXION 2011

Label:

Pada waktu lalu saya telah mengadu 4 Motor Sport. Pada kesempatan kali ini mengadu dua sepeda motor di kelas 150cc dari dua pabrikan terbesar di Indonesia, yaitu:

  1. Honda New MegaPro 2011
  2. Yamaha V-IXION 2011
Sebelum mengadu kedua produk ini kita lihat dulu bagaimana spesifikasinya:
  • Honda New MegaPro 2011 
    SPECIFICATIONS

    * The length X width X height: 2050 x 757 x 1075 mm
    * Distance Wheel: 1313 mm
    * Distance low to the ground: 152 mm
    * Empty weight: 136 kg
    * Type of order: The pattern of diamond (diamond steel)
    * Type front suspension: Telescopic
    * This type of rear suspension: Single (Monoshock) can be set to hard and soft
    * Size of front tire: 80/100 – 17 M / C 46P – tubeless
    * The size of the rear tires: 100/80 – 17 M / C 55P – tubeless
    * Brakes Front: hydraulic disc, with double piston
    * Brakes rear: hydraulic disc with single piston
    * Fuel tank capacity: 12.0 liters
    * Type of engine: 4 stroke, OHC, air cooling
    * Diameter x measures: 57.3 x 57.8 mm
    * Volume step: 149.2 cc
    * Compression Ratio: 9.5: 1
    * Maximum Power: 10.1 kW / 8500 rpm
    * Maximum torque: 12.8 Nm / 6500 rpm
    * Machine Lubricant Oil Capacity: 1 liter in the periodic replacement
    * Automatic Clutch: Manual Clutch Wet multiplate
    * Dental Transmsi: 5 speed
    * Teeth Pattern transfer: 1-N-2-3-4-5
    * Starter: Pedal & electric starter
    * Aki: MF 12 V – 5 Ah
    * Spark plug: NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
    * Ignition system: DC – CDICDI
    • Yamaha V-IXION 2011
      ENGINE Yamaha V-IXION
      Engine type: 4 Step, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Liquid Cooled
      Diameter Stroke: 57.0 x 58.7 mm
      Cylinder Volume: 149.8 cc
      The composition of Cylinders: Single Cylinder / Vertical
      Max Power: 14.88 PS / 8500 rpm
      Max torque: 13.1 N.m / 7500 rpm
      Lubrication System: Wet
      Engine Oil: Total: 1.15 Liter / Substitution; Periodical: 0.95 Liter
      Carburetors (Mikuni) AC28 x 1
      Clutch: Wet, manual clutch, Multiplat
      Dental Ratio: 1 – N – 2 – 3 – 4-5
      Starter System: Electric Starter and Kick Starter

      CHASSIS Yamaha V-IXION
      Frame Type: Pressed Backbone (Delta Box)
      Suspension Front: Telescopic
      Rear Suspension: Swing Arm, Suspension monocross
      Brakes Front: Disc
      Brakes Rear: Tromol
      Tires Front: 2.75-17 41 P
      Rear tire: 90/90 – 17 M / C 49 P
      ELECTRCITY Battery: YTZSS – MF (MF batteries)
      Spark plug: CRBE (INGK)
      Ignition system: TCI / transistorized Ignition Coil (Digital)

      DIMENSION Yamaha V-IXION
      Length x Width x H: 2,000 x 707 mm x 1032 mm
      Seat Height: 790 mm
      Distance Between Wheels: 1282 mm
      Distance to Land: 167 mm
      Tank Capacity: 12 Liter
      Fill Weight: 125 Kg

      • Dimulai dari mesin:
      Banyak di antara kita mungkin ada yang penasaran dengan dua produk sepeda motor ini. Dengan jalanan di kota-kota besar di Indonesia yang serba macet dan untuk wilayah pedesaan yang jalanannya serba naik-turun, maka di pilihlah dua produk ini. Dengan dengan 150cc yang sama dapat kita lihat Yamaha lebih unggul di sisi tenaga walaupun cuma beda 0,6cc saja. Apalagi dengan panjang langkah piston 58.7 mm beda dengan Honda yang hanya 57.8 mm membuat semburan tenaga yang dihasilkan turut melimpah pada waktu berakselerasi. Keunggulan lain dari produk Yamaha yang satu ini yaitu dengan adanya radiator pendingin yang akan menyetabilkan kinerja mesin. Namun ada juga kerugiannya yaitu bekurangnya dinding rumah piston yang sempit akan mempersulit waktu ingin mengupgrade piston. Yang membuat kejutan adalah Top speed keduanya hampir berimbang yaitu di kisaran 120 Km/J.
      •  Body:
      Dari sisi ini pabrikan Honda lebih unggul. Kalau kita lihat Honda mulai berani mengubah tampilan bodynya dengan bentuk street fighter. Dengan tampilan yang lebih fress membuatnya enak untuk di pandang dan tidak kalah dengan sepeda motor yang telah di modif. Namun pihak Yamaha juga tidak mau kalah coba kita lihat walaupun dengan body yang relatif kecil namun telah di lengkapi dengan Delta Box. Yaitu sebuah rangka besar yang melingkar di bawah tangki besin yang membuatnya tampak kokoh setelah teman-teman memodifnya seperti motor MotoGP. Kedua sepeda motor juga telah di lengkapi dengan monoshock pada peredam kejut belakang.
      • Harga:
      Dengan mengusung mesin yang sama yaitu 150cc. kedua pabrikan mematok kendarannya dengan harga yang berbeda:
      1. Honda New MegaPro 2011 bandrol dikisaran Rp. 19.500.000,-
      2. Yamaha V-IXION 2011 bandrol dikisaran Rp. 21.100.000,-


      Artikel Yang Berhubungan





      4 komentar:
      gravatar
      Admin Junior said...
      August 3, 2012 at 4:42 AM   Reply To This Comment

      Kalo Menurut ane sih gan liat dari kepalanya aja dah jauh.

      mega pro dah kaya doma mau nyeluduk

      lah v-xion kaya capung diamah.. :D


      opini gan.ha.. mampir ke blogku juga yah kali aja ada yang bermanfaat ;)

      gravatar
      Admin Junior said...
      August 3, 2012 at 4:45 AM   Reply To This Comment

      Gan artikelnya sama dengan yg banaran.blogspot yah. ?


      tp wes lah sip mantap ttp ane mah dukung honda dah.


      oh ia bagi para bikers cekidot ke blog ane yah. kita punya produk penyerap toksin + kotoran dalam tubuh, termasuk akibat menghirup polusi udara

      gravatar
      ahmad taruna said...
      October 31, 2012 at 3:48 AM   Reply To This Comment

      megapro bodynya jelek palagi spakbor blakangnya kekecilan.kalo vixion rem belakangnya belum cakram.

      gravatar
      Ahmad Hambali Yusuf said...
      August 12, 2013 at 4:40 PM   Reply To This Comment

      ya sip saya tidak mau banyak bicara karena saya tidak bisa buat motor itu ...

      kedua motor itu good lah

      Post a Comment

      Post a Comment